Mengapa Anda ingin Bisnis Anda Maju?

3 Tips Praktis untuk diingat saat Mengembangkan Bisnis Anda

Mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dalam bisnis Anda, dan bagaimana melakukannya adalah penting untuk membuat bisnis Anda maju. Akan tetapi, demikian pula halnya dengan mengetahui mengapa Anda ingin bisnis Anda maju.

Mengetahui mengapa akan menjaga Anda tetap termotivasi saat semangat Anda mulai luruh – entah oleh keadaan eksternal, maupun internal seperti kebosanan atau kejenuhan pribadi.

Dr John C Maxwell bercerita tentang kisah seorang salesman yang menatap keluar dari balik jendela restoran di hotel tempatnya menginap di tengah badai salju dan angin kencang.

Photo Credit: Pexels.com

Ia bertanya pada seorang pelayan restorannya: “Apakah besok pagi jalanan akan cukup kondusif untuk saya keluar? Saya perlu mengunjungi beberapa customer dalam sales trip ini.” Pelayan tersebut menjawab: “tergantung apakah income Anda berupa gaji tetap atau hanya komisi penjualan“.

Memahami dengan jelas tentang mengapa Anda ingin maju akan membantu Anda tetap konsisten berjuang, walaupun perjalanan Anda membangun bisnis sedang mengalami kesukaran, masalah, atau kejenuhan.

The Why Test

Dalam bukunya The 15 Invaluable Laws of Growth, Dr John Maxwell memberikan tujuh pertanyaan yang akan membantu Anda menelaah bilamana Anda sudah cukup jelas dengan mengapa Anda ingin bisnis Anda maju:

Bila Anda menjawab YA untuk sebagian besar pertanyaan di atas, Anda belum berakar kuat ke dalam mengapa Anda ingin bisnis Anda maju. Sayangnya, saat Anda tidak berakar kuat kepada motivasi Anda, Anda bisa terjebak dalam sebuah habit yang menjadi garansi kegagalan:

Habit Menyerah di Tengah Jalan

Coach Vince Lombardi, pelatih football legendaris di Amerika Serikat mengatakan ini:

Saat Anda dan saya belajar untuk menyerah di tengah jalan – entah karena kita jenuh menghadapi masalah, atau bosan berkembang – hal itu dengan cepat menjadi kebiasaan buruk dalam kehidupan kita.

Bila Anda Mudah Menyerah

Bila Anda menemukan diri Anda mudah menyerah di tengah jalan, tidak menyelesaikan apa yang Anda mulai, tiga tips sederhana ini akan membantu Anda:

  1. Selaraskan cara Anda memotivasi diri Anda untuk maju dengan jenis kepribadian Anda. Salah satu tes kepribadian yang saya rekomendasikan adalah DISC Personality Profile Test dari William Marston. Saat Anda sudah memahami jenis kepribadian Anda, jadikan setiap hari sebuah latihan untuk memanfaatkan kekuatan kepribadian Anda dalam memotivasi tindakan Anda. Anda bisa melakukan tes DISC gratis di link ini.
  2. Mulailah membuat daftar kumpulan mengapa Anda ingin bisnis Anda maju. Pikirkan hal-hal jangka pendek dan hal-hal jangka panjang yang menjadi motivasi Anda untuk membuat bisnis Anda maju. Semua motivasi untuk maju dan bertumbuh adalah motivasi yang baik selama hal-hal itu adalah motivasi Anda sendiri.
  3. Carilah seorang rekan atau Coach yang mendapat izin dari Anda untuk menjaga Anda bertanggung jawab atas motivasi Anda. Anda mungkin mengalami kesukaran saat dimintai pertanggungjawaban, akan tetapi dalam jangka panjang, Anda bisa mengentaskan kebiasaan buruk menyerah di tengah jalan dan membangun kebiasaan baik untuk berjuang sampai sukses menjadi bagian Anda.

Selamat maju!

Butuh ide untuk bisnis Anda? Baca saja Ide-Bisnis.com

Your 2018 Business Plan