Masalah Sales Manager

Lima hambatan yang dialami sales manager dan mengganggu penjualan

tantangan sales manager

Masalah Sales Manager

Sales manager memiliki tanggung jawab yang besar, dan banyak. Namun, beberapa tanggung jawab dari seorang sales manager memiliki masalah yang lebih rumit, dan beresiko menghambat potensi sukses para sales yang dipimpinnya.

Berikut adalah lima masalah yang perlu diwaspadai oleh setiap sales manager (dan juga pemilik bisnis):

numbers by unsplash

1. Sales Managers yang Menghindari Angka

Masalah sales manager yang pertama adalah saat ia tidak menyukai angka. Saat seorang sales manager menghindari angka, maka ia sukar mengendalikan upaya dan hasil dari timnya. Sales manager yang menghindari angka cenderung lebih menyalahkan pihak lain, misalnya tim salesnya, tim operasional, customer atau keadaan pasar. Mengapa? Karena ia tidak paham apa yang sedang terjadi tanpa benar-benar memahami angka penjualannya.

Saya bertemu dengan beberapa orang sales manager yang kinerja penjualannya meleset dalam beberapa bulan terakhir. Mereka sibuk mengatakan: “tim sales mah siap melesat, tapi bagaimana dengan tim operasional?” – tapi saat ditanyakan berapa jumlah prospek yang digarap per minggunya dan berapa yang closing, mereka tidak bisa menjawab.

busy work by unsplash

2. Sales Managers yang Minim Observasi Upaya Timnya

Untuk bisa memimpin tim sales, dan tahu apa serta kapan perlu membantu, maka penting bagi seorang sales manager untuk mau mengamati upaya-upaya timnya dalam menjual. Ini berarti bersedia untuk ikut terjun ke lapangan mendampingi, mendengarkan cara melakukan follow up, dan melakukan coaching one-on-one.

Observasi dan coaching memungkinkan sales manager untuk mendapatkan informasi tentang apa yang berjalan baik, apa yang perlu disesuaikan, dan bagaimana membantu meningkatkan proses penjualannya. Sayangnya, seringkali sales manager sibuk mengurusi customer-customer kakap, sehingga tidak punya waktu mengamati timnya dengan efektif.

Dalam hal ini, pemilik bisnis perlu dengan cermat memutuskan bilamana sales manager diberikan tanggung jawab untuk ikut menjual atau untuk menghasilkan penjual-penjual yang lebih efektif dari dirinya.

Tentu ada masalah-masalah sales manager lain yang membuatnya tidak punya cukup waktu untuk melakukan observasi, misalnya: disertakan dalam proyek lain, masalah pribadi atau kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk menjadi sales manager yang intentional – alias dengan sengaja melakukan observasi.

Baca juga  Contoh Job Description Tim

compete by unsplash

3. Sales Managers yang Bersaing dengan Timnya Sendiri

Kondisi ini ada dimana-mana, baik dalam perusahaan kecil sampai perusahaan besar. Penyebabnya adalah gambar diri dari sang sales manager itu sendiri. Yang pasti bila seorang sales manager sibuk bersaing dengan timnya sendiri, ia mencoba menjadi “hero” dibanding menjadi “hero-maker”. Hal-hal buruk cenderung menggoda untuk dilakukan:

  • merebut prospek empuk untuk dirinya
  • mencuri pujian untuk closing yang dimulai oleh timnya
  • mengakui upaya timnya sebagai usahanya

Sales manager yang sedemikian akan membuat timnya enggan menjual lebih baik.

green light by unsplash

4. Sales Managers yang Terlalu Toleran

Dr John C Maxwell mengatakan bahwa kita tidak bisa mengubah bebek menjadi elang. Demikian pula seorang sales manager yang tidak tega menindak anggota tim salesnya yang tidak perform. Memang, fakta diri sebagai sesama “karyawan” membuat seorang sales manager memikirkan dampak bagi sales yang perlu diberikan Surat Peringatan atau pun PHK karena tidak menghasilkan dengan standar minimum. Hal ini akan menjadi lebih sulit, bila sang sales manager pernah merasakan dipecat sebelumnya.

Yang penting perlu diperhatikan di sini adalah: SAMPAI KAPAN ia memberikan kesempatan bagi sales yang tidak perform untuk berubah lebih baik? Bila kesempatannya terlalu lama, apakah itu bijak? Apa pandangan dari anggota tim sales yang berkinerja baik?

peacock by unsplash

5. Sales Managers yang Sekedar Cocok Menjual

Ini adalah fakta penting yang perlu diketahui oleh semua pemilik bisnis: sales yang paling senior dan paling banyak menjual tidak melulu cocok menjadi seorang pemimpin. Ada kalanya ia lebih cocok dibiarkan menjadi sales senior, dibandingkan dipromosikan menjadi seorang sales manager.

Hal baik yang bisa Anda lakukan bisa jadi sekedar memberikan asisten untuk mengurusi administrasi penjualannya.

Everything rises and falls on leadership

Kepemimpinan dari sales manager sangat menentukan angka penjualan Anda. Itu sebabnya Dr John C Maxwell mengatakan bahwa segala sesuatunya bergantung pada kepemimpinan.

Saat penjualan sedang menurun, Anda bisa mengecek berbagai macam hal dari harga kompetitor sampai ke tren pembelian customer. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengecek bilamana sales manager Anda melakukan semua kesibukan kecuali memimpin tim salesnya untuk berjualan. Lima indikator di atas bisa membantu Anda menimbang bilamana Anda memiliki sales manager yang tepat untuk posisi yang tepat, atau sebaliknya.

Baca juga  Cara Menawarkan Diskon

Bila Anda adalah seorang sales manager, Anda masih bisa putar arah dan keluar dari lima hambatan di atas serta merebut kembali sukses penjualan bersama dengan tim Anda. Anda juga bisa menghubungi saya dan tim untuk bantuan konsultasi tentang sales leadership dan karir Anda sebagai sales manager di sini.

Selamat meningkatkan penjualan!

Bantu share artikel ini ya. 🙂