Delegating Service

Liputan Leaders Breakfast Meeting 13 Mei 2017

Featured Image Liputan LBM 13 Mei 2017

Apa kunci delegasi yang efektif? Bagi sebagian pemilik bisnis, jawabannya adalah menemukan orang yang bisa dipercaya. Akan tetapi menemukan individu yang bisa dipercaya adalah tantangan tersendiri bagi business owners – apalagi karena karakter seseorang biasanya baru terlihat saat diberikan otoritas.

Bila dikaitkan dengan hati yang melayani customer, tantangan delegasi menjadi semakin berat. Mendelegasikan semangat melayani customer berarti menemukan tim yang peduli pada customer sehingga terjadi penjualan dan repeat business, sebagaimana harapan sang owners. (baca juga: Delegating Service) Dalam hal ini hal itu berarti:

  • memiliki tim yang berinisiatif membantu customer menemukan solusi melalui produk/jasa yang dijual
  • memiliki tim yang bisa bekerjasama dengan bagian lain sehingga perusahaan bisa menepati janji penjualan pada customer
  • memiliki tim yang responsif dalam melayani, cakap dalam pengetahuan dan mewakili image perusahaan dengan baik

Untuk membantu para pengusaha mendelegasikan semangat melayani customer, Sabtu lalu (13/05) Coach Danny dan Leadership Detox mengadakan Leaders Breakfast Meeting berjudul Delegating Service.

Liputan LBM 13 Mei 2017 - G

Coach Danny menjelaskan bahwa kata managing berasal dari bahasa Italia “maneggiare”- yang berarti melatih dan mengendalikan kuda.

Acara yang diadakan di Jakarta ini dihadiri oleh belasan pengusaha muda dan dikemas dengan contoh-contoh praktek delegasi.

Liputan LBM 13 Mei 2017 - A

Beberapa highlight yang penting dari Delegating Service:

  • Pengusaha perlu memahami tingkatan service yang dilakukan bisnisnya terhadap customer.
  • Kualitas service yang diberikan kepada customer merupakan hasil dari service yang diterima oleh tim, oleh supplier/vendor dan oleh sesama tim (internal service satisfaction)
  • Customer menilai service kita dari panca indera, sehingga kita perlu menemukan dan memperbaiki titik-titik service terlemah dalam bisnis.
  • Untuk bisa mendelegasikan dengan efektif, pemimpin perlu mengenali profil timnya. Dalam hal ini, apa yang diperlukan timnya untuk bisa melayani customer lebih baik: otoritas atau peningkatan skill?
  • Pengusaha pun diperkenalkan kepada 7 tingkatan delegasi melalui delegation board.
  • Delegating Service ditutup dengan satu tips praktis agar pengusaha dan timnya bisa melayani customer dengan lebih strategis: “memecat” customer yang high-maintenance yang menyerap energi, waktu dan mentalitas, agar bisa melayani customer lain dengan lebih baik.
Baca juga  Contoh Job Description Tim

Gallery

Liputan LBM 13 Mei 2017 - F

Para pengusaha sedang berdiskusi tentang level delegasi yang cocok untuk kasus-kasus service

 

Liputan LBM 13 Mei 2017 - E

Para pengusaha sedang berdiskusi tentang level delegasi yang cocok untuk kasus-kasus service

 

Liputan LBM 13 Mei 2017 - C

Setelah presentasi kelompok dan tanya jawab kasus delegasi service

 

Liputan LBM 13 Mei 2017 - B

Setelah presentasi kelompok dan tanya jawab kasus delegasi service

 

Liputan LBM 13 Mei 2017 - D

Setelah presentasi kelompok dan tanya jawab kasus delegasi serviceDelegating Service mendapatkan satisfaction rating yang sangat baik:

Feedback Result Delegating Service 2017

Sampai jumpa di Leaders’ Breakfast Meeting berikutnya!

Leaders Breakfast Meeting (LBM) adalah pertemuan bulanan para pengusaha yang dilakukan sejak Oktober 2014. Dalam LBM, para pengusaha belajar hal-hal praktis terkait leadership, bisnis dan mindset dari prinsip-prinsip Dr John C Maxwell.

Ide-Bisnis.com