Distracted Focus

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Saya mudah sekali terganggu.

Tepatnya, saya mudah sekali terganggu perhatiannya.

Saya bisa ke supermarket dengan rencana membeli beras, lalu pulang membawa jajanan, minuman, es krim dan lainnya yang menarik perhatian – dan lupa membeli berasnya.

Gangguan fokus dan pikiran yang berkeliaran.

Saya tidak sendirian.

Anda pun bisa mudah terganggu fokusnya.

Psikolog dari Harvard, Professor Matthew Killingsworth dan Daniel Gilbert menemukan bahwa 47% manusia dewasa mengalami gangguan fokus yang parah. Dari 2,250 orang yang menjadi subjek penelitian mereka – mengatakan bahwa “pikiran yang berkeliaran” menjadi penyebab gangguan fokus. Itu berarti:

  • Berada di sebuah meeting dengan customer, lalu memikirkan lima email yang Anda lupa buat pagi ini dan tidak seksama mendengarkan penjelasan customer.
  • Pergi ke ACE Hardware untuk membeli sebuah perkakas, lalu memikirkan bagaimana karyawan Anda juga perlu seragam sebagus seragam karyawan ACE… dan malah sibuk browsing website seragam saat berputar-putar di ACE.
  • Membuka YouTube untuk belajar skill tertentu, lalu berakhir menonton satu jam rangkaian standup comedy.
  • dan contoh-contoh gangguan fokus lainnya.

Gangguan fokus dan Michael Gerber

Gangguan fokus atau tepatnya gagal berkonsentrasi mengakibatkan produktivitas yang terbuang sia-sia. Pertama, pastinya waktu terbuang sia-sia dari tujuan awal kita melakukan sesuatu – yang berakhir dengan pikiran berkeliaran tak menentu. Ini sudah kita paparkan sebelumnya.

Namun gangguan fokus juga berbahaya untuk bisnis Anda. Michael E. Gerber penulis buku bisnis yang bukunya menjadi salah satu pedoman saya dalam business coaching – mengatakan ini:

The first essential skill of business is concentration. To do that will of concentration, you really need to (1) focus your attention to your why, (2) discriminate true strategy, and (3) organize them for productivity.

Michael E. Gerber

(terjemahan bebas)

Skill penting pertama dari bisnis adalah konsentrasi. Untuk bisa berkonsentrasi, Anda perlu fokuskan perhatian Anda pada your why, membedakan strategi sejati lalu menatanya agar produktif.

Banyak pebisnis yang gagal menaklukkan pikiran yang berkeliaran, dan bertahun-tahun batal menemukan strategi sejati karena sibuk gonta-ganti fokus, lalu urung memiliki perusahaan yang tersistem dengan rapi.

Anda kehilangan fokus caranya bila lupa mengapa Anda mau melakukannya.

Kabar baik bagi gangguan fokus

Sebagai awalan, kita bisa lega mengetahui bahwa gangguan fokus pada dasarnya adalah permainan pikiran. Artinya, bila kita mau lebih bisa fokus, kita bisa belajar lebih mahir mengelola sumber daya innate dalam diri kita: konsentrasi kita.

Knowledge is power. Dan terkait fokus, seni mengelola rasa ingin tahu (want to know) adalah power bagi pebisnis yang suka terganggu fokusnya.

Coach Danny

Jadi apa solusinya?

Time needed: 15 minutes.

Bila Anda sering terganggu fokusnya, coba terapkan tiga hal ini.

  1. Buat goal Anda secara seksama

    Seksama artinya buatlah goal secara mendalam, secara tajam. 86% pebisnis yang suka gagal fokus (mengalami gagal fokus) karena tidak memahami goal mereka secara mendalam dan buru-buru memikirkan taktik pelaksanaannya. Akhirnya mereka lebih terikat dengan strateginya, dan melupakan goalnya.

  2. Kenali Prinsip Boks Eisenhower

    President Dwight Eisenhower mengatakan ini: “apa yang penting jarang tampak mendesak, dan apa yang mendesak jarang penting”. Ohhhh, betapa banyak pebisnis perlu dengarkan ini. Kita sering tanpa sengaja memanipulasi diri sendiri dengan “menjuali” yang mendesak tanpa benar-benar memahami bilamana ada yang lebih penting dari itu untuk kemajuan bisnis kita.

  3. Latih diri Anda dengan membaca buku

    Membaca buku berbeda dari membaca artikel pendek seperti ini. Membaca buku melatih diri Anda untuk berkomitmen menyelesaikan apa yang Anda mulai baca, dan melatih diri Anda untuk think deep – berpikir dalam. Ini terutama karena sebuah buku memiliki pemaparan mendalam untuk setiap tips yang ada.

Bila Anda sering gagal fokus, cobalah tiga trik praktis di atas. Saya yakin Anda bisa menaklukkan pikiran yang berkeliaran liar. Pikiran yang fokus akan mencegah impian sukses bisnis Anda berkeliaran terlalu jauh dan hanya jadi wacana. Pikiran fokus akan merealisasikannya.

Penulis: Coach Danny Wira Dharma

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp