9 Cara Meningkatkan Profit Perusahaan

Wajib dicoba oleh pengusaha di tahun ini

Cara Meningkatkan Profit

Cara Meningkatkan Profit

Sebenarnya ada banyak cara meningkatkan profit perusahaan yang bisa Anda coba di tahun ini. Namun, ini 9 cara unggulan yang dirangkum oleh Ide-Bisnis.com, hanya untuk Anda pembaca setia kami.

Aspek Marketing

Aspek pertama menjadi cara meningkatkan profit adalah marketing, dan ada 3 hal yang bisa jadi pilihan Anda di tahun ini:

  • Up-Sellup-sell bisa dilakukan saat Anda memiliki jenis produk/jasa yang standar dan premium. Ajar tim Anda untuk menawarkan versi premium sebagai solusi terhadap kebutuhan customer dengan menekankan manfaat jangka panjang. Kata kunci yang perlu Anda ajarkan pada tim: lebih murah di jangka panjang.
  • Cross-Sellcross-sell adalah saat tim Anda tidak melewatkan kesempatan menjual lebih banyak barang. Hal ini mirip saat Anda memesan burger di McDonald dan kasirnya selalu menawarkan tambahan french fries, atau es krim di minuman Anda. Cross-sell akan efektif bila produk/jasa Anda saling melengkapi. Misalnya: menjual hijab dan dilengkapi dengan pilihan fashion muslim wanita.
  • Hadiah untuk Pembelian Tertentu: berikan customer hadiah yang menarik saat mereka membeli di atas harga tertentu. Ingatlah: hadiahnya tidak perlu mahal, tetapi perlu dikemas sebagai sesuatu yang menguntungkan. Misalnya: pemesanan siomay ikan di atas Rp 100,000 akan mendapatkan segelas kopi susu kekinian.
  • Baca juga trik cara meningkatkan profit dengan cara membuat tim sales Anda mahir dalam mengedukasi customer.

Aspek Manajemen

Aspek selanjutnya bila Anda ingin meningkatkan profit adalah manajemen. Dan di area ini, ada 3 hal yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Sistem Purchase: salah satu pengering profit adalah saat semua orang dalam perusahaan Anda bisa memesan barang dari supplier saat customer mau membeli. Padahal memesan barang dalam jumlah kecil, akan membuat perusahaan Anda membayar lebih mahal daripada pembelian jumlah besar. Buat sistem purchase dimana 1-2 orang saja yang bertanggung jawab merencanakan dan melakukan pembelian.
  • Kantor yang lebih kecil: rancang ulang operasional bisnis Anda sehingga bisa dilakukan di kantor yang lebih kecil. Biaya sewa kantor besar bisa dialokasikan sebagai profit Anda. Ingat, kantor yang lebih kecil belum tentu bisnis yang kecil loh. Ada banyak bisnis milyaran yang dioperasikan dari rumah or kantor-kantor kecil.
  • Outsource: bila Anda ada keinginan membuka lowongan kerja untuk posisi yang belum pernah Anda miliki sebelumnya, pertimbangkan untuk outsourcing jasa daripada merekrut karyawan kontrak/tetap. Hanya bila Anda melihat posisi itu sudah lebih Anda pahami cara kerjanya, baru Anda merekrut karyawan tetap. Misalnya: jasa sosial media bisa dioutsourcingkan kepada freelancer dengan biaya 2 jutaan dibanding merekrut orang khusus yang perlu digaji dan dibiayai dengan laptop, meja kantor, dan sebagainya.
Baca juga  Memaafkan

Aspek Keuangan

Aspek terakhir sebagai cara meningkatkan profit perusahaan Anda ada di area keuangan, dan 3 hal ini bisa membantu Anda meningkatkan profit:

  • Naikkan Harga: cara termudah untuk meningkatkan profit adalah dengan menaikkan harga. Akan tetapi, saya tahu Anda mungkin kuatir akan resistensi dari customer (dan tim penjualan) Anda. Sebenarnya customer Anda (yang tipe A dan B) tidak akan sadar Anda menaikkan harga, kecuali customer-customer tipe C (yang rewel dan memang cerewet dari awal transaksi). Tipsnya adalah menaikkan harga secara bertahap:
    • Mulai dari produk/jasa slow moving
    • Bertahap sampai 80% jenis produk Anda naik harga
    • Diakhiri dengan kenaikan sekitar 5-10% dari produk/jasa fast moving
  • Mudahkan Pembelian: buatlah customer mudah membeli dari Anda, khususnya terkait hal-hal keuangan. Sebagai contoh:
    • Buat program cicilan
    • Buat program tukar tambah
    • Gunakan mesin EDC
    • Kerjasama dengan fintech tertentu untuk kredit piutang.
  • Audit Biaya Operasional: untuk menghasilkan lebih banyak profit, pengeluaran Anda harus lebih kecil dari pendapatan. Suatu hal yang umum, bukan? Iya, tapi tidak jarang juga pengusaha yang mengabaikan prinsip ini. Untuk bisa melakukan ini dengan baik, Anda bisa memulai dengan:
    • mengetahui apa saja biaya operasional Anda (baca: ukur dan evaluasi selama seminggu)
    • cek biaya-biaya yang bisa Anda hemat, dan coba hemat sampai 10% untuk biaya-biaya tersebut (misalnya: uang lembur, listrik atau biaya transportasi).
    • buatlah budget untuk mempertahankan besaran biaya operasional sampai Anda bisa lebih efisien.

Itu adalah 9 cara meningkatkan profit yang mungkin bisa jadi pilihan Anda di tahun ini. Cara mana yang favorit bagi Anda? Cara mana yang masih Anda ragu atau ingin tahu lebih jauh?

Anda juga bisa menghubungi saya di sini (whatsapp), untuk bisa menjadwalkan sesi business alignment gratis dan kita coba uraikan apa yang cocok untuk meningkatkan profit perusahaan Anda.

Bantu bagikan artikel ini kepada rekan atau saudara agar bisnis mereka lebih bertumbuh.

Ayo lebih profitable!

Ide-Bisnis.com