Lima Musim Teamwork

Membangun tim yang kompak dimulai dari menyadari musim teamwork yang sedang dialami tim Anda

tahapan membangun teamwork

Tahapan Membangun Teamwork

http://www.newmen.eu/mysoroj/viosa/7741 Business owners, apakah Anda ingin memiliki tim yang kompak dan berkinerja tinggi? Bila ya, maka salah satu pertanyaan yang perlu Anda bisa jawab adalah: “Dalam musim apakah teamwork tim Anda sekarang?”

mujeres solteras buscando su media naranja Menyadari musim teamwork yang sedang dialami oleh tim Anda adalah salah satu tanggung jawab penting Anda sebagai seorang leader. Menyadari musim teamwork akan membantu Anda untuk:

  • memahami dinamika dan tantangan teamwork yang Anda hadapi dengan tim
  • membantu tim menyesuaikan diri dengan keadaan
  • memberikan solusi untuk tantangan yang ada dengan percaya diri

Lima musim teamwork

rencontres femmes asie Untuk membantu Anda menguasai tahapan membangun teamwork, berikut adalah lima musim teamwork yang perlu Anda perhatikan dalam dinamika tim Anda saat ini:

1 Musim pertumbuhan

Dalam musim ini, segala sesuatu tampak mudah. Disiplin kehadiran membaik, kontribusi dan konsentrasi kerja meningkat, rencana kerja terlaksana, dan semua tim memandang optimis masa depan perusahaan. Saat Anda menyadari bahwa tim Anda sedang berada dalam musim teamwork ini – Anda perlu berani untuk menyampaikan pesan untuk memaksimalkan momentum pertumbuhan ini:

“Tim, kita sedang bertumbuh pesat saat ini. Ayo berikan semua energi kita untuk terus membakar tahapan pertumbuhan ini. Musim ini tidak akan bertahan selamanya; akan tetapi, selama musim ini ada, mari kita maksimalkan dan lihat seberapa jauh kita bisa memanfaatkannya.”

2 Musim Konsolidasi

Konsolidasi adalah fase dimana sebuah hubungan, kekompakan diperkuat – sebagai kelanjutan dari musim pertumbuhan.

Musim pertumbuhan yang gilang gemilang membuat banyak bisnis memutuskan untuk menambah sumber daya manusia. Tujuannya bisa untuk memaksimalkan pertumbuhan atau untuk meningkatkan kualitas kerja.

Akan tetapi, tanpa konsolidasi maka anggota tim baru Anda cenderung malah memperlambat kinerja tim lama dan bisnis Anda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, tanggung jawab Anda saat memimpin tim dalam musim konsolidasi ini adalah untuk: membantu anggota tim Anda saling menyesuaikan diri dan mendukung anggota tim baru yang muncul dalam musim sebelumnya.

Tim baru Anda akan memerlukan panduan, komunitas kerja yang menerima mereka, dan sasaran yang jelas. Anda bisa melakukan investasi terhadap peralatan kerja yang sudah tidak memadai dengan kondisi tim sekarang, atau melakukan pelatihan teamwork yang membantu proses pembauran.

3 Musim Transisi

Musim ini ditandai dengan beberapa hal:

  • ada staff penting Anda meninggalkan perusahaan, atau bahkan saat ada pembelotan staff berupa “bedol desa”
  • komplikasi bisnis akibat pengaruh eksternal (misalnya akibat krisis ekonomi atau pergolakan politik), dan/atau
  • perubahan arah bisnis yang disengaja, akibat keputusan strategis Anda.

Dalam musim transisi ini, setiap orang dalam bisnis Anda tengah merasa tidak seimbang dan tidak yakin. Dan keadaan tersebut membutuhkan peranan Anda untuk hadir sebagai mercusuar dan menjelaskan: keadaan yang sedang terjadi, apa dampaknya, dan bagaimana melewatinya.

4 Musim Kegelisahan

Ini adalah musim teamwork yang ditakuti oleh kebanyakan pemimpin. Ini adalah saat musim transisi (atau krisis) ternyata memakan lebih banyak waktu dari yang Anda pikirkan sebelumnya.

Seluruh tim tampak muram dan buntu dari pengharapan. Semuanya terasa kuno dan tidak lagi terasa gebrakan-gebrakan inovasi seperti di musim pertumbuhan.

Peranan Anda dalam musim ini adalah untuk menjadi pencetus dan pemberi semangat kebangkitan:

“Tim, kita perlu membangkitkan perusahaan kita, dengan membangkitkan semangat kita untuk mencoba lagi. Kita wajib melakukannya, karena bila tidak kegelisahan ini akan menjadi permanen. Tidak ada yang mau hal itu terjadi”

5 Musim Kebangkitan

je viens de rencontrer un homme Musim kebangkitan adalah musim penciptaan ulang. Ini adalah momen dimana Anda sebagai pemimpin mengambil kendali untuk memperhatikan setiap bagian bisnis dan setiap tim Anda di bawah mikroskop:

  • yang mana yang perlu ditingkatkan,
  • yang mana yang perlu disistem/dilatih ulang,
  • yang mana yang perlu dihentikan

Musim kebangkitan dalam teamwork  yang sukses selalu dimulai oleh pemimpin utamanya. Dan itu berarti keberanian Anda untuk https://www.reunionsaveurs.com/viopes/1190 memangkas hal-hal yang menghambat untuk cherche femme 55 ans memberikan ruang bagi pertumbuhan berikutnya.

Bila Anda berhasil dalam musim ini, Anda akan kembali ke siklus pertama dalam musim teamwork: musim pertumbuhan.

Talk-It Over

Kebanyakan kita setuju dengan pernyataan di atas, namun tanpa sadar terus menerus mengabaikan penyesuaian cara kerja di musim-musim yang sedang dialami. Untuk membantu Anda maksimal dalam tiap musim teamwork yang ada, renungkan beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah Anda bisa mengenali bila terjadi perubahan musim dalam teamwork Anda?
  • Bagaimana cara Anda membawa tim memahami perubahan tersebut?
  • Parameter apa yang bisa Anda pakai untuk menentukan bila Anda telah melewati musim tertentu?

Pelatihan motivasi karyawan

Silahkan cek topik-topik pelatihan motivasi karyawan yang cocok untuk musim teamwork yang sedang Anda alami di sini.