Kepribadian Dominan itu Arogan?

Mengenali Profil Dominant pada DISC Personality Profile

Mengenali Profil Dominant pada DISC Personality Profile

Kepribadian Dominan itu Arogan?

Banyak orang mengatakan bahwa orang yang berprofil Dominant pada DISC Personality Profile adalah orang yang cenderung arogan atau sombong. Seorang klien saya yang kebetulan berprofil Dominant pada DISC Profile berkelakar bahwa Arogan = Anak Orang Ganteng.

Kemungkinan besar penilaian bahwa kepribadian dominan itu arogan muncul karena individu berprofil dominant biasanya bersifat:

  • kompetitif terhadap individu lainnya
  • blak-blakan tentang pendapatnya, terkadang tanpa mengecek kesiapan perasaan lawan bicara
  • buru-buru untuk mewujudkan keinginannya

Namun, apakah itu berarti Profil Dominan itu Arogan?

Jawaban dari pertanyaan utama kita adalah TIDAK. Tidak ada hubungan antara DISC Profile dengan sifat arogan. exemple profil site de rencontre homme  Ini tiga alasannya:

1. Arogan adalah dampak dari ketidakdewasaan, bukan masalah kepribadian

Salah satu ciri kedewasaan adalah site de rencontre usa france kesediaan untuk mengambil waktu untuk melihat dan memahami sudut pandang orang lain. Dalam pengalaman saya menjadi Business Coach selama 8 tahun, saya melihat banyak orang profil D yang dewasa dan tidak dewasa. Namun, demikian pula dengan profil I, S ataupun C.

2. Yang berbeda mungkin adalah CARA menunjukkan Arogansi

click here Saat orang berprofil Dominant tidak dewasa dan arogan, ia cenderung diktator, memaksakan kehendaknya, tanpa memikirkan apa yang orang lain tahu, rasakan atau inginkan. Hanya saja, saya ingin mengatakan bahwa orang Profil Dominant lebih mudah terlihat arogan karena lebih tidak sabaran dalam meniti dari hal-hal kecil. Dengan kata lain, kalau hanya masalah “remeh”, Profil Dominant cenderung tidak betah (contoh: meremehkan orderan kecil), dan ini bisa membuat kesal profil I, S, atau C yang “arogan” 🙂

http://www.selectservices.co.uk/?propeler=l-opzione-binaria&9e0=bc l opzione binaria Pada Profil I, orang yang arogan cenderung sensitif dan mudah marah dengan pendapat orang tentangnya. Saya pernah menyaksikan mantan karyawan kami DW, yang marah-marah di Facebooknya setelah sesi training karyawan internal kami tentang Cara Mengatur Cashflow Pribadi untuk karyawan. Yang menarik, ia marah-marah dengan Dave Ramsey (pembicara dalam video training), dan menuliskan: “Gw baru disebut ngutang kalau gak bisa bayar cicilan, orang bule sibuk ngatur orang Indo

http://armor-deck.net/edikpedik/4426 Pada Profil S, orang yang arogan sibuk menunjukkan ia lebih tahu banyak, lebih peduli, lebih cepat keluar uang, dan sebagainya. Memang, ia tidak suka pamer secara terbuka seperti Profil I, tapi ia cenderung melakukannya one-on-one. Profil S yang arogan bisa mudah TEKOR, karena mencoba membeli penerimaan dari orang lain melalui hadiah-hadiah yang tidak diperlukan.

http://huntersneeds.net/rigaro/2435 Profil C, tidak luput dari sifat Arogan, bila ia ternyata tidak dewasa. Menyindir dengan sinis sampai memberikan hukuman dengan mendiamkan, adalah cara orang berprofil C menunjukkan arogansinya.

3. Faktanya: Arogansi adalah Masalah Ketidakdewasaan, bukan Masalah Kepribadian

Bila Anda mengambil waktu untuk melihat atau mencoba memahami apa yang orang lain tahu, rasakan atau inginkan sebelum mendesakkan keinginan Anda, Anda adalah orang yang dewasa terlepas DISC Profil Anda.

Saya melihat beberapa klien profil D yang mau meminta maaf pada mitra/ pasangan/ karyawannya, setelah memahami apa yang orang lain rasakan. Itu bentuk kedewasaan.

Tapi saya juga melihat klien profil non-Dominant yang bermulut manis, tetapi menganggap karyawan (dan Coachnya) sebagai budak karena dibayar. Saya bahkan pernah berhadapan dengan seorang klien yang menjawab: “Iya, memang harus begitu” – saat saya bertanya: “Apakah Ibu lebih suka saya mendukung semua keputusan Ibu walaupun saya tahu itu salah?

Closing remarks

Jadi teman-teman Ide-Bisnis.com yang kebetulan berprofil Dominant dalam http://heartpearls.com/?mistyu=paginas-de-moda-para-conocer-gente&446=81 DISC Personality Profile: site rencontre 76 gratuit Anda tidak otomatis arogan, bahkan bisa jadi Anda lebih dewasa dari kami-kami, para leader lain yang tidak terlalu blak-blakan.

Dan bila Anda mau mencoba bersama-sama saya untuk mengikis sifat arogan yang (bisa jadi) tersembunyi dalam diri kita, saya punya satu tips yang ampuh. Mari kita Detox Leadership kita dengan mengambil waktu untuk mencoba memahami sudut pandang orang lain, walau waktu itu hanya 5 menit lebih lama untuk memahami.

Selamat dominan tanpa arogan!

Your Coach,
Danny

Mengenali Profil Dominan dalam DISC Personality Profile

DISC Personality Profile

Peranan dalam tim:

  • penggerak tim ke arah tertentu
  • bersifat progresif, memikirkan masa depan
  • mau menerima tantangan
  • memulai sebuah kegiatan
  • inovatif

Lingkungan kerja ideal:

  • bebas dari kendali orang lain, atau dari hal-hal yang membutuhkan rincian
  • lingkungan yang berpandangan inovatif, futuristik, jauh ke masa depan
  • forum kerja yang bebas untuk mengemukakan ide dan pendapat
  • pekerjaan-pekerjaan non-rutin
  • pekerjaan dengan tantangan dan kesempatan bereksperimen

Saat Stress, cenderung:

  • menuntut
  • nekad
  • menyerang, memaksakan kehendak
  • membicarakan jasa diri terlalu banyak

Kekurangan yang mungkin ada:

  • menyalahgunakan jabatan untuk membuat orang patuh
  • memasang standar yang terlalu tinggi
  • kurang mahir dalam berdiplomasi dan memperhatikan perasaan orang lain
  • menginginkan terlalu banyak terlalu cepat

Bantu share artikel ini 🙂