Law of the Lid

Leadership ability determines a person’s level of effectiveness

training manager john maxwellJOHN MAXWELL

Law of the Lid adalah hukum leadership pertama dari 21 Irrefutable Laws of Leadership yang dicetuskan oleh Dr John C Maxwell. Dalam buku klasik yang diterbitkan pertama kali tahun 1998 dan telah terjual laris lebih dari 1 satu juta buku di seluruh dunia.

Dalam Law of the Lid – dimana ‘lid menandakan tutup sebuah wadah’ – Dr John Maxwell menegaskan bahwa kemampuan kepemimpinan seseorang menentukan efektifitasnya dalam pekerjaan.

Arti Law of the Lid

Seumpama ada seorang eksekutif yang sangat mahir dalam pekerjaannya sebagai seorang individu, maka tingkat efektifitas pekerjaannya terbatas oleh kemampuan leadershipnya.

Kinerja eksekutif tersebut dapat diilustrasikan dengan gambar A di bawah ini. Gambar A menjelaskan bahwa eksekutif tersebut mencapai nilai 8 dalam suksesnya, namun efektifitas kerjanya terbatas hanya 1 x 8 karena kemampuan leadershipnya hanya 1. “Satu” bisa berarti ia hanya bisa mengatur kerjanya sendiri.

Success without leadership
Gambar A

Bandingkan dengan eksekutif berikut yang melatih kemampuan leadershipnya. Ia bisa menggerakkan rekan kerja dalam timnya untuk berkinerja dan efektifitas eksekutif ini diilustrasikan dengan gambar B berikut.

success with leadership
Gambar B

Eksekutif yang dilukiskan dalam Gambar B sama-sama mencapai nilai sukses 8. Namun karena ia memiliki kemampuan leadership yang baik (dalam gambar B, nilai 6), maka efektifitas kinerjanya menjadi 6 x 8 = 56.

Itulah yang dimaksud oleh Dr John C Maxwell dengan Law of the Lid: kemampuan kepemimpinan seseorang menentukan efektifitasnya dalam pekerjaan.

Mengapa memakai kata “lid”

Lid adalah tutup dari sebuah wadah, misalnya toples atau tupperware di rumah Anda. Bila kepemimpinan seseorang itu kuat, maka ilustrasinya adalah sebuah wadah yang tutupnya lebih tinggi. Demikian juga sebaliknya.

Dalam setiap organisasi:

  • besar atau kecil,
  • perusahaan Fortune 500 atau perusahaan startup,
  • sebuah negara atau unit terkecil seperti keluarga,

bila ingin mengubah keadaan buruknya, maka organisasi tersebut perlu mengganti pemimpinnya, atau meningkatkan kemampuan leadership pemimpinnya.

Aplikasikan Law of the Lid

Beberapa hal berikut membantu Anda dalam menerapkan Law of the Lid dalam kehidupan:

  1. Tuliskan beberapa target besar Anda (lebih dari 5 hal, tapi jangan lebih dari 10 hal). Lalu pahami target-target mana saja yang membutuhkan kerjasama dari orang lain. Untuk target-target tersebut, kemampuan leadership Anda menentukan efektifitas Anda dalam mencapainya.
  2. Minta orang lain menilai leadership Anda. Anda bisa meminta tolong pada atasan Anda, pasangan Anda, dua rekan sejawat, dan tiga orang yang Anda pimpin. Ajak mereka menilai Anda dalam skala 1 (rendah) sampai 10 (tinggi) terkait kemampuan Anda dalam hal:
    • Bekerja sama dengan orang lain
    • Perencanaan dan visi
    • Ketekunan mengerjakan strategi
    • Hasil
  3. Bandingkan nilai dari mereka dengan nilai yang Anda buat untuk diri sendiri. Apakah ada kesenjangan antara bagaimana Anda menilai diri dengan penilaian orang lain? Seberapa bersedia Anda bertumbuh di area kepemimpinan?